Sholawat Ghoiru Ma'tsur Bolehkah Diamalkan?

Pertanyaan : Apakah boleh mengamalkan sholawat yang disusun oleh Auliya' (para wali) atau Ulama' (orang-orang Alim), seperti sholawat Thibbil Qulub, sholawat Fatih, dan sholawat-sholawat lainnya yang termasuk kategori sholawat ghoiru ma'tsur (yang tidak keluar dari lisan Baginda Nabi Muhammad Saw dan tidak di ajarkan beliau kepada para sahabat) ?

Jawab : Dalam kitab Sunan Ibnu Majah terdapat sebuah riwayat yang bersumber daripada seorang sahabat mulia yang bernama Sayyidinaa Abdullah bin Mas'ud. Bahwa beliau berkata kepada para sahabat yang lainnya :

إذ صليتم على رسول الله صلى الله عليه وسلم فأحسنوا الصلاة عليه فإنكم لا تدرون لعل ذلك يعرض عليه

"Apabila kalian bersholawat kepada Rasulullah SAW, maka perbaguslah redaksi sholawat kalian kepada beliau, barangkali sholawat kalian itu disampaikan kepada beliau".

فقالوا له : فعلمنا

"Mereka bertanya kepada Abdullah bin Mas'ud : Ajarkanlah kami cara bersholawat yang bagus kepada beliau".

قال : قولوا "أللهم اجعل صلواتك ورحمتك وبركاتك على سيد المرسلين وإمام المتقين وخاتم النبيين محمد عبدك ورسولك إمام الخير وقائد الخير ورسول الرحمة، أللهم ابعثه مقاما محمودا يغبطه به الأولون والاخرون".

"Beliau menjawab : ucapkanlah oleh kalian "Yaa Allah jadikanlah segala sholawat, rahmat, dan berkah-Mu kepada penghulunya para rasul, pemimpinnya orang-orang yang bertakwa, penutupnya para nabi, yaitu Muhammad, hamba dan rasul-Mu, pemimpin dan pengarah kebaikan dan rasul yang membawa rahmat. Yaa Allah anugerahilah beliau kedudukan terpuji yang menjadi harapan orang-orang terdahulu dan orang-orang yang kemudian".

Dari riwayat di atas terdapat beberapa hal yang dapat kita simpulkan, di antara hal tersebut adalah :

1. Bahwa Sayyidinaa Abdullah bin Mas'ud ternyata membuat lalu mengajarkan sholawat ghoiru ma'tsur (yang tidak keluar dari lisan Baginda Nabi Muhammad Saw dan tidak di ajarkan beliau kepada para sahabat), yang keluar dari lisan beliau dengan shighot/redaksi :

"أللهم اجعل صلواتك ورحمتك وبركاتك على سيد المرسلين وإمام المتقين وخاتم النبيين محمد عبدك ورسولك إمام الخير وقائد الخير ورسول الرحمة، أللهم ابعثه مقاما محمودا يغبطه به الأولون والاخرون".

2. Perintah Sayyidinaa Abdullah bin Mas'ud dengan kalimat :

فأحسنوا الصلاة عليه

"Maka perbaguslah redaksi sholawat kalian kepada beliau"

merupakan perintah secara umum untuk membaca sholawat dengan redaksi yang bagaimana saja, entah seperti yang diajarkan sendiri oleh beliau (Sayyidinaa Abdullah bin Mas'ud), atau dengan redaksi yang lainnya seperti yang digubah oleh Auliya' ataupun orang-orang Alim seperti sholawat Thibbil Qulub, sholawat Fatih, dan sholawat-sholawat lainnya yang termasuk kategori sholawat ghoiru ma'tsur.

Bahkan imam Syafi'i pun dalam kitab Ar Risalah nya akan kita jumpa beliau menggubah sebuah sholawat yang tidak pernah diajarkan dan keluar dari lisan Baginda Rasulillah Muhammad SAW :

فصلى الله على نبينا محمد كلما ذكره الذاكرون وغفل عن ذكره الغافلون 

Yang kemudian disempurnakan pula oleh para ulama dan penuntut ilmu sebagaimana yang tersusun dalam susunan tahlil yang sering dibawakan oleh sebagian besar kaum muslimin dengan shighot/redaksi :

اللهم صل أفضل صلاة على أسعد مخلوقاتك سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم عدد معلوماتك ومداد كلماتك كلما ذكرك وذكره الذاكرون وغفل عن ذكرك وذكره الغافلون.

Pernyataannya , adakah hari ini yang berani mengatakan bahwa imam Syafi'i adalah pelaku bid'ah karena sudah menggubah sholawat yang secara redaksi tidak pernah keluar dari lisan Baginda Rasulillah Muhammad SAW dan tidak pernah diajarkan oleh beliau ?

Tentunya kita akan berpikir puluhan kali untuk membid'ahkan mujtahid sekaliber imam Syafi'i. Semoga kita tidak sampai su'ul adab (memiliki adab yang jelek) kepada beliau yang mulia itu.

Pada kesimpulannya apapun redaksi/shighot sholawat itu tetap boleh untuk kita amalkan sebagai bentuk menunjukkan mahabbah kita kepada Baginda Rasulillah Muhammad SAW.

24 November 2023,

0 Komentar