Biografi Sayyid Ibrahim Ad-Dasuqi, Satu Diantara 4 Wali Kutub

Salah satu Wali Al-Quthb yang masyhur ini dilahirkan di Kota Dasouq, Kegubernuran Kafr As-Syekh, Mesir, pada 30 Sya’ban 653 H. Dari seorang ayah yang bernama: Sayyid Abu Al-Majd Abdul Aziz Al-Husaini. Nasabnya tersambung kepada Sayyidina Husain bin Ali. Hal itu sudah menjadi kesepakatan para sejarawan dan pakar nasab mengenai keabsahan nasabnya.

Beliau memiliki seorang ibu, yang bernama: Sayyidah Fathimah binti Abdullah, saudari perempuan dari Sayyid Abu Al-Hasan As-Syadzili. Dengan begitu, nasab Sayyid Ibrahim Ad-Dasuqi ini adalah Al-Husaini dari jalur ayahnya, dan Al-Hasani dari jalur ibunya. Nasab dari jalur ayah beliau tersambung dengan Sayyid Ahmad Al-Badawi di Kakek yang No. 10, yaitu: Sayyid Ja’far Az-Zaky bin Ali Al-Hadi.

Menurut Sayyid Jalaluddin Ahmad Al-Kurki (Syaikh Thariqah Al-Burhamiyyah, dan Khalifah Maqam Sayyid Ibrahim As-Dasuqi) ibu beliau adalah: Sayyidah Fathimah binti Abi Al-Fath Al-Wasithi. Sayyid Abi Al-Fath Al-Washiti adalah guru Imam As-Syadzili yang menjadi khalifah dari Sayyid Ahmad Ar-Rifa’i di daerah Mesir. 

Ada sebuah cerita yang beredar di kalangan pengikutnya, yang menunjukkan tentang karamah Sayyid Ibrahim Ad-Dasuqi saat dia baru dilahirkan. Ketika itu, dia dilahirkan pada malam Syak, yaitu: hari yang di ragukan apakah sudah memasuki puasa bulan Ramadhan atau belum. 

Ketika para ulama ragu akan munculnya bulan sabit yang menunjukkan masuknya bulan Ramadhan, Al-Arif Billah Muhammad bin Harun As-Sanhuri berkata: "Lihatlah anak yang baru lahir ini apakah dia meminum air susu ibunya atau tidak?" Ibunya menjawab, “Dari sejak adzan subuh, ia berhenti meminum air susu ibunya." Berdasarkan hal tersebut Syaikh Ibnu Harun kemudian mengumumkan bahwa hari itu adalah hari pertama bulan Ramadhan. Cerita itu disebutkan oleh Syekh Mahmud Al-Garbawi dalam kitabnya “Al-Ayatuzzahirah Fi Manaqib Al-Awliya’ Wal-Aqthab Al-Arba’ah”. Dan diceritakan sendiri oleh beliau dalam kitabnya “Burhan Al-Haqaiq”:

إن الفقير مَنّ الله عليه من ظهر أبيه ولطف به في الأحشاء، فحين وضعتني أمي كنت مبشراً في ذلك العام بالصيام، ولم ير الهلال، وإن ذلك أول كرامتي من الله

Sayyid Ibrahim Ad-Dasuqi hidup dalam lingkungan kehidupan orang Mesir, dari keluarga yang wira’i, dan bertaqwa. Hingga beliau tumbuh dalam keadaan yang mencintai ibadah. Beliau belajar kepada seorang alim yang juga pakar tashawwuf, yakni: Al-Arif Billah Muhammad bin Harun As-Sanhuri . Beliau juga mengikuti langkah pamannya dalam berthariqah, yakni: Sayyid Abu Al-Hasan As-Syadzili.

Syaikh Ibrahim Ad Dasuqi adalah “Wali Quthub” yang keempat dan yang terakhir setelah Syaikh Ahmad Al-Badawi (w. 675 H), Syaikh Ahmad Ar-Rifa'i (w. 578 H) dan Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani (w. 561 H), hal itu sebagaimana yang diyakini oleh ulama-ulama tasawuf seperti Syaikh Mahmud Al-Garbawi dalam kitabnya “Al-Ayatuzzahirah Fi Manaqib Al-Awliya’ Wal-Aqthab Al-Arba’ah” dan Sayyid Abul Huda bin Hasan Al-Khalidi As-Shayyadi dalam kitabnya “Farhatul Ahbab Fi Akhbar Al-Arba’ah Al-Ahbab”.

Di masa kecilnya, beliau sudah mempelajari ilmu Bahasa Arab dan Syari’at, seperti: Hadist, Ushul Fiqh, dan juga beliau belajar Fiqh dalam Madzhab As-Syafi’i. Dikatakan bahwasanya beliau sudah berkhalwat semenjak umur 5 tahun. Beliau terus melakukan khalwatnya, sampai umur 23 tahun.

Setelah itu, beliau fokus untuk mendidik para murid-muridnya. Sampai beliau membuat tempat khusus untuk mengajar di sebelah tempat kholwatnya. Hingga beliau membuat aliran thariqah yang dikenal dengan nama “Al-Burhamiyyah” diambil dari nama beliau, atau “Ad-Burhaniyyah” diambil dari julukan beliau, Burhanuddin, atau “Ad-Dasuqiyyah” diambil dari nama asal daerah beliau.

Sayyid Ibrahim Ad-Dasuqi dan murid-muridnya selalu menggunakan Imamah hijau. Seperti halnya Sayyid Ahmad Al-Badawi dan muridnya yang selalu menggunakan Imamah merah, dan Sayyid Ahmad Ar-Rifa’i dan muridnya yang selalu menggunakan imamah hitam.

Tatkala Sulthan Az-Zahir Baybars Al-Bunduqdari mendengar ilmu dan kepakaran beliau dalam fiqh, beserta pengikutnya yang sangat banyak, beliau tertarik untuk mengangkat Sayyid Ibrahim Ad-Dasuqi sebagai “Syaikhul Islam”. Hingga akhirnya jabatan itu beliau terima tanpa menerima gajih. Gajih yang beliau peroleh semuanya di berikan kepada orang faqir miskin.

Ibrahim Ad-Dasuqi terus menjabat sebagai Syaikhul Islam pada masa itu, sampai Sulthan Az-Zahir Baybars wafat. Setelah itu beliau hanya fokus mendidik para murid-muridnya. Selama dimasa hidupnya, beliau menjomblo dan tidak menikah. Mengerahkan segala waktunya untuk mendidik ruh dan jiwa para muridnya. Mengajarkan ilmu. Terutama ilmu tashawwuf. 

Patut diketahui, bahwa Sayyid Ibrahim memiliki saudara yang bernama Muhammad, atau dikenal dengan Sayyid Muhammad bin Abu Al-Majd Abdul Aziz Al-'Itris Al-Husaini. Yang makamnya terdapat dipintu masuk ke dalam masjid dan makam Sayyidah Zainab binti Ali.

Ad-Dasuqi menguasai beragam bahasa, seperti: Suryani dan Ibrani. Beliau sering menulis pesan dengan bahasa Suryani. Beliau juga mengetahui bahasa burung dan hewan buas. Beliau memiliki beberapa karya, diantaranya: Syarah Matan Abi Syuja’, Burhan Al-Haqaiq, Al-Jawahir Al-Mudhi’ah, dan Ar-Risalah. Sebagiannya sudah ada yang diterbitkan, sebagiannya masih berupa manuskrip.

Beliau wafat di tempat berkhalwatnya, pada tahun 696 H, diumur yang mencapai 43 tahun. Ditempat itu, dimakamkan pula saudara laki-lakinya yang menjadi khalifah dari beliau, yakni: Sayyid Musa. Dan diantara letak makam kedua itu, dimakamkan pula ibunda beliau: Sayyidah Fathimah.

Dalam Al-Manhaj Al-Muthahhir, Sayyid Abdul Wahab As-Sya’rani menyebutkan:

“Ketika Sultan Qaitbay mengunjungi makam Sayyidi Ahmad Al-Badawi dan Sayyidi Ibrahim Al-Dasuqi, ia turun dari tunggangannya dan berjalan tanpa alas kaki sejak melihat makam mereka. Para pengawalnya bahkan sampai mencabut beberapa duri dari kakinya.”

Pada awal abad ke-19 Masehi, Masjid Ibrahim Al-Dasuqi digabungkan dengan Universitas Al-Azhar, dan sistem pembelajarannya mengikuti metode pendidikan Al-Azhar itu sendiri. Masjid tersebut juga memiliki perpustakaan yang berharga, berisi sekitar lima ribu buku dalam berbagai bidang ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum.

Termasuk kalam beliau yang dinuqil dari Maulana Syekh Abdul Aziz As-Syahawi:

من كان متمسكاً بالشريعة نظيفاً عفيفاً فهو ابني وإن كان من أقصى البلاد، ومن لم يكن متمسكاً بالشريعة فأنا منه بريء وإن كان ابني من صلبي

“Barang siapa berpegang teguh pada syariat, menjaga kebersihan, dan menjaga kehormatan diri, maka dia adalah anakku, sekalipun berasal dari negeri yang jauh. Namun, barang siapa tidak berpegang teguh pada syariat, maka aku berlepas diri darinya, sekalipun dia adalah anakku dari darah dagingku sendiri.”

Dan ini adalah Sholawat Ad-Dzatiyyah, milik Sayyid Ibrahim Ad-Dasuqi:

 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى الذَّاتِ الْمُحَمَّدِيَّةِ اللَّطِيفَةَ الْأَحَدِيَّةِ شَمْسِ سَمَاءِ الْأَسْرَارِ وَمَظْهَرِ الْأَنْوَارِ وَمَرْكَزِ مَدَارِ الْجَلاَلِ وَقُطْبِ فَلَكِ الْجَمَالِ اللَّهُمَّ بسِرِّهِ لَدَيْكَ وَبِسَيرِهِ إِلَيْكَ آمِنْ خَوْفِي وَأَقِلْ عَثْرَتِي وَاذْهِبْ حُزِنِي وَحِرْصِي وَكُنْ لِي وَخُذْنِي إِلَيْكَ مِنِّي وَارْزُقِنِي الْفَنَاءَ عَنِّي وَلَا تَجْعَلْنِي مَفْتُوناً بِنَفْسِي مَحْجُوباً بِحِسّي وَاكْشِفْ لِي عَنْ كَلَّ سِرٌّ مَكْتُومٍ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ

Diantara karomah beliau adalah: 

Berkata Imam Al-Munawi dalam kitab Al-Kawakib Ad-Durriyyah, "Seekor buaya telah menelan seorang anak di sungai Nil, maka ibu sang anak dengan menangis mendatangi Sayyid Ibrahim Ad-Dasuqi. Kemudian beliau menyuruh muridnya untuk memanggil buaya yang memakan anak ibu tersebut. 

Maka pergilah muridnya, kemudian berseru di tepi sungai Nil, ”Wahai sekalian buaya, siapa di antara kalian yang memakan seorang anak maka hendaklah dia muncul dan menghadap Syaikh!“ lalu muncullah buaya tersebut dan berjalan beserta muridnya sehingga sampai kehadapan Sayyid Ibrahim Ad-Dasuqi. 

Beliau menyuruh buaya itu untuk mengeluarkan anak yang telah dimakannya dan (dengan izin Allah) buaya itu mengeluarkan anak itu dalam keadaan hidup. Kemudian beliau berkata, "Matilah kamu dengan se-izin Allah!“, maka segera buaya itupun mati." Kerangka tulang buaya itu sampai saat ini masih di simpan oleh pengikutnya di samping makamnya di kota Dasuq, Mesir.

Di kota Dasouq, terdapat dua perayaan tahunan yang diadakan untuk beliau. Yang pertama berlangsung pada bulan April, dikenal sebagai Mawlid Rajabi, dan yang kedua pada bulan Oktober, yang merupakan perayaan kelahirannya. Perayaan ini dianggap salah satu yang terbesar di Mesir. Dimana, lebih dari satu juta pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri, mengunjungi masjidnya yang terletak di pusat kota selama satu minggu.

Referensi:

Muhammad, Su’ad Mahir. 2014. Masâjid Mishra Wa Auliyâuhâ As-Shâlihûn. Qalyub: Mathabi’ Al-Ahram At-Tijariyah.
_

Wallahu A’lam Bisshowab.

0 Komentar