Bertaubat dari dosa yang berkorelasi dengan hak-hak Allah (hablum minalloh) disyaratkan dengan 3 perkara:
1. Berhenti dari maksiat secara langsung.
2. Menyesali perbuatan maksiat tersebut.
3. Berazam untuk tidak mengulanginya lagi.
Sedangkan bertaubat dari hak-hak Adami disyaratkan harus dengan empat perkara:
1. Berhenti dari maksiat secara langsung.
2. Menyesali perbuatan maksiat tersebut.
3. Berazam untuk tidak mengulanginya lagi.
4. Mengembalikan hak orang yang dizalimi atau meminta maaf serta meminta pembebasan darinya.
Pada poin ke-4 ada dua pendapat dari ulama Syafi'iyyah:
1. Yang pertama disyaratkan harus menjelaskan, jika yang digunjing membebaskan tanpa ada penjelasan, maka tidak sah.
2. Yang kedua tidak disyaratkan, sebab ini termasuk suatu dosa yang dapat ditolelir.
Referensi: Al-Adzkar Li An-Nawawi:
اعلم أن كلَّ من ارتكب معصيةً لزمه المبادرةُ إلى التوبة منها، والتوبةُ من حقوق الله تعالى يُشترط فيها ثلاثة أشياء: أن يُقلع عن المعصية في الحال، وأن يندمَ على فعلها، وأن يَعزِمَ ألاّ يعود إليها.
Ketahuilah bahwa setiap orang yang melakukan maksiat wajib untuk segera bertaubat. Bertaubat dari hak-hak Allah disyaratkan dengan 3 perkara: berhenti dari maksiat setika itu pula, menyesal telah melakukan maksiat, dan beri'tikad tidak akan mengulanginya lagi.
والتوبةُ من حقوق الآدميين يُشترط فيها هذه الثلاثة، ورابع: وهو ردّ الظلامة إلى صاحبها أو طلب عفوه عنها والإِبراء منها.
Sedangkan bertaubat dari hak-hak Adami disyaratkan harus dengan empat perkara: tiga hal tadi (segera menyudahi maksiat, menyesal, dan bertekad tidak akan mengulangi), dan yang keempatnya adalah mengakui kedzoliman pada orang yang didzolimi atau meminta maaf serta meminta pembebasan darinya.
فيجبُ على المغتاب التوبة بهذه الأمور الأربعة، لأن الغيبة حقّ آدمي، ولا بدّ من استحلاله مَن اغتابَه، وهل يكفيه أن يقول: قد اغتبتُك فاجعلني في حلّ، أم لا بُدَّ أن يبيّنَ ما اغتابه به؟
Maka, wajib bagi penghibah untuk bertaubat dengan empat perkara ini, sebab ghibah adalah hak adami yang harus dimintai kehalalan orang yang dighibahi. Dan apakah cukup hanya dengan berkata, "Aku telah menghibahmu, maka halalkanlah aku," atau harus menjelaskan tema ghibahnya?
فيها وجهان لأصحاب الشافعي رحمهم الله: أحدهما يُشترط بيانُه، فإن أبرأه من غير بيانه، لم يصحّ، كما لو أبرأه عن مال مجهول.
Dalam hal ini ada dua pendapat dari ulama Syafi'iyyah: yang pertama disyaratkan harus menjelaskan, jika yang digunjing membebaskan tanpa ada penjelasan, maka tidak sah, sebagaimana apabila membebaskan harta yang tidak diketahui.
والثاني لا يُشترط، لأن هذا مما يُتسامحُ فيه، فلا يُشترط علمه، بخلاف المال، والأوّل أظهرُ، لأن الإِنسانََ قد يسمحُ بالعفو عن غيبة دونَ غِيبة.
Yang kedua tidak disyaratkan, sebab ini termasuk suatu dosa yang dapat ditolelir, maka tidak disyaratkan si korban untuk mengetahui, berbeda dengan harta. Namun, pendapat pertama tadi lebih kuat karena seseorang bisa memberikan toleransi untuk memaafkan ghibah tertentu, tapi kalau (ia tahu) dighibahi dengan tema tertentu, ia tidak bisa menerimanya.
فإن كان صاحبُ الغيبةِ ميّتاً أو غائباً فقد تعذّرَ تحصيلُ البراءة منها، لكن قال العلماء: ينبغي أن يُكثرَ من الاستغفار له والدعاء ويُكثر من الحسنات.
Apabila orang yang dighibahi sudah meninggal atau tidak ada, maka susah untuk pembebasannya, namun ulama berpendapat: seyogyanya dia memberbanyak istighfar, doa, dan memperbanyak kebaikan untuknya.
[النووي ,الأذكار للنووي ت الأرنؤوط ,page 346]
Bertaubat dari Ghibah/mengunjing.
0 Komentar