Ibn Taymiyyah Bukan Seorang Salafi, Melainkan Menyimpang dari Para Imam Salaf, dan Ia Menuduh Imam Ahmad bin Hanbal dengan tuduhan Syirik!
Disebutkan dalam kitab al-‘Ilal wa Ma‘rifat ar-Rijāl karya ‘Abdullah bin Imam Ahmad (bin Hanbal), sebagai berikut:
“Aku (yakni ‘Abdullah) bertanya kepada ayahku — Imam Ahmad — tentang seseorang yang menyentuh mimbar Nabi ﷺ, mencari berkah (tabarruk) dengan menyentuh dan menciumnya, dan juga melakukan hal yang sama terhadap makam beliau atau yang serupa dengan itu, dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah, maka beliau menjawab: ‘Tidak mengapa dengan hal itu’.”
Akan tetapi, Ibn Taymiyyah al-Harrani justru menganggap perbuatan itu sebagai syirik. Ia menyatakan secara tegas dalam kitabnya Ziyārat al-Qubūr wa al-Istinjād bi al-Maqbūr sebagai berikut:
“Adapun mengusap-usap kuburan — kuburan mana pun — dan menciumnya serta menggesekkan pipi ke atasnya, maka hal itu dilarang menurut kesepakatan kaum Muslimin, bahkan seandainya itu adalah kuburan para nabi sekalipun. Tidak seorang pun dari Salaf umat ini atau para imamnya melakukan hal tersebut. Bahkan itu adalah bagian dari syirik.”
Apa reaksi Ibn Taymiyyah ketika mendengar perkataan Imam Ahmad ini?
Syaikh Badruddin al-‘Aini dalam kitab ‘Umdat al-Qārī menukil dari al-Hafizh Zainuddin al-‘Iraqī yang mengatakan:
“Dan al-Hafizh Zainuddin al-‘Iraqī juga berkata: al-Hafizh Abu Sa‘īd Ibn al-‘Alā’ī memberitahuku bahwa dia melihat dalam tulisan Imam Ahmad bin Hanbal dalam sebuah salinan lama yang bertanda tangan Ibn Nāshir dan para hafizh lainnya, bahwa Imam Ahmad ditanya tentang mencium kuburan Nabi ﷺ dan mencium mimbar beliau, maka ia berkata: ‘Tidak mengapa dengan hal itu’. Lalu kami perlihatkan tulisan itu kepada Syaikh Taqiyyuddin Ibn Taymiyyah, maka ia pun terheran-heran terhadap hal itu, dan berkata: ‘Aku heran, Ahmad menurutku adalah sosok yang agung, apakah ini benar-benar ucapannya?’ atau perkataan yang bermakna seperti itu. Ia juga berkata: ‘Apa yang aneh dari hal ini, sedangkan telah dinukil dari Imam Ahmad bahwa dia pernah mencuci baju Imam Syafi‘i dan meminum air bekas cucian itu’.”
Apa komentar al-Dzahabi terhadap keheranan gurunya Ibn Taymiyyah atas perkataan Imam Ahmad?
• Al-Dzahabi berkata dalam Siyar A‘lām al-Nubalā’:
“Aku berkata: Siapa orang yang keras kepala dan mengingkari pendapat Ahmad, padahal telah pasti bahwa Abdullah (putra Imam Ahmad) bertanya kepada ayahnya tentang seseorang yang menyentuh bagian atas mimbar Nabi ﷺ dan menyentuh kamar (makam) Nabi ﷺ, maka ia berkata: ‘Aku tidak melihat ada masalah dengan hal itu’. Semoga Allah melindungi kita dan kalian dari pandangan Khawarij dan dari segala bid‘ah.”
• Ia juga berkata dalam kitab Mu‘jam al-Syuyūkh:
“Imam Ahmad bin Hanbal pernah ditanya tentang menyentuh dan mencium kubur Nabi ﷺ, dan beliau tidak melihat adanya larangan dalam hal itu. Ini diriwayatkan oleh putranya, Abdullah bin Ahmad. Jika ada yang berkata: ‘Lalu mengapa para sahabat tidak melakukan hal itu?’ Maka jawabannya: ‘Karena mereka telah berinteraksi langsung dengan Nabi ﷺ dalam keadaan hidup, mereka menyentuhnya, mencium tangannya, bahkan hampir saling berebut air wudhunya, mereka membagi rambut suci beliau saat haji akbar. Bahkan saat beliau meludah, tidaklah ludah beliau jatuh ke tanah kecuali langsung disambut oleh tangan salah satu dari mereka, lalu dioleskan ke wajahnya. Adapun kami yang tidak mendapatkan kemuliaan seperti itu, maka kami pun mencurahkan rasa cinta kami dengan cara mendekap, memuliakan, menyentuh, dan mencium makam beliau.’ Tidakkah engkau melihat apa yang dilakukan oleh Tsabit al-Bunānī? Ia biasa mencium tangan Anas bin Malik dan mengusapkannya ke wajahnya sambil berkata: ‘Ini adalah tangan yang telah menyentuh tangan Rasulullah ﷺ.’ Hal-hal seperti ini tidak akan dilakukan oleh seorang Muslim kecuali karena cinta yang luar biasa kepada Nabi ﷺ.”
Disebutkan juga dalam Fath al-Bārī karya Ibn Hajar al-‘Asqalānī:
“Sebagian ulama mengambil kesimpulan dari disyariatkannya mencium rukun (Hajar Aswad, dsb.) bahwa boleh mencium apa pun yang layak dimuliakan — baik manusia maupun selainnya. Adapun mencium tangan manusia akan dijelaskan dalam Kitab al-Adab. Adapun yang selain itu, maka telah dinukil dari Imam Ahmad bahwa beliau ditanya tentang mencium mimbar Nabi ﷺ dan kubur beliau, dan ia tidak melihat adanya masalah dalam hal itu. Namun sebagian pengikutnya menganggap tidak sahih riwayat tersebut.”
Komentar Syaikh Nuruddin al-Samhūdī dalam Wafā’ al-Wafā:
“Orang yang menganggap tidak sahih riwayat itu adalah Ibn Taymiyyah atau orang-orang yang semisal dengannya dari kalangan ahli hawa (pengikut hawa nafsu) yang sesat. Mereka tidak pantas dipedulikan dalam urusan agama Allah.”
Teks Asli:
وجه ابن تيمية الحقيقي... بلا أقنعة (1)
ابن تيمية ليس سلفيا بل هو منحرف عن أئمة السلف، ويتهم الإمام السلفي أحمد بن حنبل بالشرك!!
ورد في كتاب (العلل ومعرفة الرجال) لعبد الله بن الامام أحمد ما نصه: "سألته -أي الإمام أحمد - عن الرجل يمس منبر النبي ﷺ ويتبرك بمسه ويقبله، ويفعل بالقبر مثل ذلك أو نحو هذا يريد بذلك التقرب الى الله جل وعز، فقال: لا بأس بذلك".
إلا أن ابن تيمية الحراني يعتبر هذا الفعل شركًا. فهو يصرح في كتابه (زيارة القبور والاستنجاد بالمقبور) بما نصه : "وأما التمسح بالقبر -أي قبر كان- وتقبيله، وتمريغ الخد عليه فمنهي عنه باتفاق المسلمين، ولو كان ذلك من قبور الأنبياء ولم يفعل هذا أحد من سلف الأمة وأئمتها، بل هذا من الشرك".
*ماذا قال ابن تيمية لما بلغه كلام الإمام أحمد؟؟
نقل الشيخ بدر الدين العيني في كتابه (عمدة القاري) عن الحافظ زين الدين العراقي ما نصه : "وقال أيضا -أي الحافط زين الدين العراقي - : وأخبرني الحافظ أبو سعيد ابن العلائي قال: رأيت في كلام أحمد بن حنبل في جزء قديم عليه خط ابن ناصر وغيره من الحفاظ، أن الإمام أحمد سئل عن تقبيل قبر النبي ﷺ، وتقبيل منبره، فقال: لا بأس بذلك، قال: فأريناه للشيخ تقي الدين بن تيمية فصار يتعجب من ذلك، ويقول: عجبت أحمد عندي جليل يقوله؟ هذا كلامه أو معنى كلامه. وقال: وأي عجب في ذلك وقد روينا عن الإمام أحمد أنه غسل قميصا للشافعي وشرب الماء الذي غسله به ".
*ماذا قال الذهبي تعليقا على تعجب شيخه ابن تيمية من كلام الامام أحمد؟
-قال الذهبي في سير أعلام النبلاء : "قلت: أين المتنطع المنكر على أحمد، وقد ثبت أن عبد الله سأل أباه عمن يلمس رمانة منبر النبي ﷺ، ويمس الحجرة النبوية، فقال: لا أرى بذلك بأسا. أعاذنا الله وإياكم من رأي الخوارج ومن البدع".
- وقال الذهبي في كتابه (معجم الشيوخ) مانصه : "وَقَدْ سُئِلَ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ عَنْ مَسِّ الْقَبْرِ النَّبَوِيِّ وَتَقْبِيلِهِ، فَلَمْ يَرَ بِذَلِكَ بَأْسًا، رَوَاهُ عَنْهُ وَلَدُهُ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ. فَإِنْ قِيلِ : فَهَلا فَعَلَ ذَلِكَ الصَّحَابَةُ ؟ قِيلَ : لأَنَّهُمْ عَايَنُوهُ حَيًّا وَتَمَلَّوْا بِهِ وَقَبَّلُوا يَدَهُ وَكَادُوا يَقْتَتِلُونَ عَلَى وُضُوئِهِ وَاقْتَسَمُوا شَعْرَهُ الْمُطَهَّرَ يَوْمَ الْحَجِّ الأَكْبَرِ، وَكَانَ إِذَا تَنَخَّمَ لا تَكَادُ نُخَامَتُهُ تَقَعُ إِلا فِي يَدِ رَجُلٍ فَيُدَلِّكُ بِهَا وَجْهَهُ، وَنَحْنُ فَلَمَّا لَمْ يَصِحْ لَنَا مِثْلُ هَذَا النَّصِيبِ الأَوْفَرِ تَرَامَيْنَا عَلَى قَبْرِهِ بِالالْتِزَامِ وَالتَّبْجِيلِ وَالاسْتِلامِ وَالتَّقْبِيلِ، أَلا تَرَى كَيْفَ فَعَلَ ثَابِتٌ الْبُنَانِيُّ ؟ كَانَ يُقَبِّلُ يَدَ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ وَيَضَعُهَا عَلَى وَجْهِهِ وَيَقُولُ : يَدٌ مَسَّتْ يَدَ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ. وَهَذِهِ الأُمُورُ لا يُحَرِّكُهَا مِنَ الْمُسْلِمِ إِلا فَرْطُ حُبِّهِ لِلنَّبِيِّ ﷺ ".
*وجاء في كتاب (فتح الباري) للحافظ ابن حجر العسقلاني ما نصه : "استنبط بعضهم من مشروعية تقبيل الأركان جواز تقبيل كل من يستحق التعظيم من آدمي وغيره فأما تقبيل يد الآدمي فيأتي في كتاب الأدب وأما غيره فَنُقِلَ عَنِ الْإِمَامِ أَحْمَدَ أَنَّهُ سُئِلَ عَنْ تَقْبِيلِ مِنْبَرِ النَّبِيِّ ﷺ وَتَقْبِيلِ قَبْرِهِ فَلَمْ يَرَ بِهِ بَأْسًا واستبعد بعض أتباعه صحة ذلك".
علّق الشيخ نور الدين السمهودي في كتابه (وفاء الوفا) على كلام العسقلاني بما نصه: "المستبعد هو إبن تيمية أو من يشاكله من أهل الأهواء المضلة الذين لا يُعتنى بهم وبآرائهم في دين الله ".
0 Komentar