وَأَوَّلُ مَنْ أَحْدَثَ فِعْلَ ذَلِكَ صَاحِبُ إِرْبِلَ الْمَلِكُ الْمُظَفَّرُ أَبُو سَعِيدٍ كُوكْبُرِي بْنُ زَيْنِ الدِّينِ عَلِيِّ بْنِ بَكْتَكِينَ، أَحَدُ الْمُلُوكِ الْأَمْجَادِ وَالْكُبَرَاءِ الْأَجْوَادِ،
"Orang yang pertama kali mengadakan maulid Nabi ialah penguasa Irbil di wilayah Irak bernama Raja Muzhaffar Abu Sa’id al-Kukburi bin Zainuddin Ali bin Buktikin (549-630 H). Ia disebut sebagai seorang raja yang mulia, luhur, dan sangat dermawan.”
(السيوطي، الحاوي للفتاوى ١/٢٢٢)
Beliau, Imam As-suyuti juga menyatakan hukum acara Maulidan pada teks sebelumnya:
أَنَّ أَصْلَ عَمَلِ الْمَوْلِدِ الَّذِي هُوَ اجْتِمَاعُ النَّاسِ وَقِرَاءَةُ مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ وَرِوَايَةُ الْأَخْبَارِ الْوَارِدَةِ فِي مَبْدَأِ أَمْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَا وَقَعَ فِي مَوْلِدِهِ مِنَ الْآيَاتِ، ثُمَّ يُمَدُّ لَهُمْ سِمَاطٌ يَأْكُلُونَهُ وَيَنْصَرِفُونَ مِنْ غَيْرِ زِيَادَةٍ عَلَى ذَلِكَ - هُوَ مِنَ الْبِدَعِ الْحَسَنَةِ الَّتِي يُثَابُ عَلَيْهَا صَاحِبُهَا لِمَا فِيهِ مِنْ تَعْظِيمِ قَدْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَإِظْهَارِ الْفَرَحِ وَالِاسْتِبْشَارِ بِمَوْلِدِهِ الشَّرِيفِ،
"Sesungguhnya asal pelaksanaan maulid Nabi, di mana orang-orang berkumpul, membaca ayat-ayat pendek alquran, membaca kisah Nabi SAW pada permulaan perintah Nabi SAW serta peristiwa yang terjadi pada saat beliau dilahirkan, kemudian mereka disajikan hidangan dan memakannya lalu pulang ke rumah masing-masing tanpa ada tambahan lainnya, adalah bid’ah hasanah. Diberi pahala orang yang memperingatinya karena bertujuan untuk mengangungkan Nabi SAW serta menunjukkan kebahagiaan atas kelahiran Beliau."
[السيوطي ,الحاوي للفتاوي ,1/222]
Syaikhul Islam, Al-hafidz Ibnu Hajar Al-haitami juga berkomentar dalam kitabnya "Tuhfatul Muhtaaj fii Syarhil Minhaaj.":
سُئِلَ شَيْخُ الْإِسْلَامِ حَافِظُ الْعَصْرِ أَبُو الْفَضْلِ أَحْمَدُ بْنُ حَجَرٍ عَنْ عَمَلِ الْمَوْلِدِ فَأَجَابَ بِمَا نَصُّهُ أَصْلُ عَمَلِ الْمَوْلِدِ بِدْعَةٌ لَمْ يُنْقَلْ عَنْ أَحَدٍ مِنْ السَّلَفِ الصَّالِحِ مِنْ الْقُرُونِ الثَّلَاثَةِ وَلَكِنَّهَا مَعَ ذَلِكَ قَدْ اشْتَمَلَتْ عَلَى مَحَاسِنَ وَضِدِّهَا فَمَنْ تَحَرَّى فِي عَمَلِهَا الْمَحَاسِنَ وَتَجَنَّبَ ضِدَّهَا كَانَ بِدْعَةً حَسَنَةً وَمَنْ لَا فَلَا.
"Hukum asal melaksanakan maulid adalah bid’ah, tidak terdapat riwayat dari seorang pun dari kalangan Salafushshalih dari tiga abad (pertama). Akan tetapi maulid itu juga mengandung banyak kebaikan dan sebaliknya. Siapa yang dalam melaksanakannya mencari kebaikan-
kebaikan dan menghindari hal-hal yang tidak baik, maka maulid itu adalah bid’ah hasanah. Dan siapa yang tidak menghindari hal-hal yang tidak baik, berarti bukan bid’ah hasanah."
[ابن حجر الهيتمي، تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي، ٤٢٣/٧]
Bahkan Ulama yang mempelopori Tri Tauhid juga mengomentari Maulidan. Dalam kitabnya yang bernama "Iqtidlo'us shiroth almustaqiim li mukholafati ashabil jahim."
فتعظيم المولد، واتخاذه موسمًا، قد يفعله بعض الناس، ويكون له فيه أجر عظيم لحسن قصده، وتعظيمه لرسول الله صلى الله عليه وسلم،
"Adapun mengagungkan Maulid dan menjadikanya musiman (acara musiman) yang telah dilakukan oleh sebagian Masyarakat. Di situ terdapat pahala yang besar karena bagusnya tujuan dan mengagungkan Rosululloh Saw."
[ابن تيمية ,اقتضاء الصراط المستقيم لمخالفة أصحاب الجحيم ,2/126]
I'anah Ath-Tholibin, Juz 3, Halaman 364:
قال الإمام أبو شامة شيخ النووي رحمه الله تعالى: ومن أحسن ما ابتدع في زماننا ما يفعل في كل عام في اليوم الموافق ليوم مولده - صلى الله عليه وسلم
Imam Abu Syamah, guru dari Imam An-nawawi Rohimahulloh Ta'ala berkata, "Dan termasuk dari bid'ah yang paling baik adalah sesuatu yang dibuat-buat pada zaman ini, yaitu sesuatu yang dilakukan di setiap tahun pada yang bertepatan dengan hari kelahiran Nabi Saw. "
من الصدقات والمعروف وإظهار الزينة والسرور، فإن ذلك مع ما فيه من الإحسان إلى الفقراء يشعر بمحبة النبي - صلى الله عليه وسلم - وتعظيمه وجلالته في قلب فاعل ذلك، وشكر الله تعالى على ما من به من إيجاد رسوله الذي أرسله رحمة للعالمين - صلى الله عليه وسلم
"Berupa sedekah, perbuatan baik, menampakkan keindahan dan kebahagiaan. Sebab semua itu dan perlakuan baik untuk orang-orang faqir adalah ungkapan rasa cinta pada pada Nabi Saw. dan ungkapan pengagungan dan penghormatan terhadap beliau pada hati orang yang melakukannya, dan menjadi bentuk rasa syukur pada Allah atas apa yang telah dianugrahkan berupa diciptakannya Rosululloh shollalLohu Alaihi wa Sallama yang diutus sebagai rahmat untuk alam semesta Saw."
[البكري الدمياطي ,إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ,جز ٣، صحفة ٣٦٤]
Oleh: Nur Fuad
0 Komentar