KH. Ahmad bin Syuaib Sarang dulu melarang santri-santrinya untuk melaksanakan sholat sunah 20 raka'at dengan niat sholat tarawih, beliau lebih memilih untuk melakukan sholat sunah 20 rakaat dengan niat sholat sunah Qiyami Ramadhan
" Kowe Tarawih cek lah cung, tapi aku solat
Qiyami Ramadhan.." dawuh Mbah Ahmad
Demikian kenang Syaikhina Maimoen tentang kakeknya itu, sebagaimana beliau kisahkan saat Haflah Akhirussanah madrasah Hidayatul Mubtadi'in Lirboyo pada Jum'at malam Sabtu 09 Sya'ban 1438 H / 05 Mei 2017 M, Kakek Syaikhina Maimoen itu beralasan, bahwa solat sunah Qiyami Ramadhan itu lebih luas dari pada sholat sunah Tarawih, sbb silat sunah Tarawih itu tidak ada di zaman Rasulullah, dimana waktu itu Rasulullah sholat malam lumrahnya 8 rakaat, sementara sholat sunah Tarawih baru ada pada masa kekhalifahan sayyidina Umar bin Khattab
" Sholat Tarawih iku 20 rakaat, sing gawe
Sayyidina Umar, sedurunge Umar gak Ono
Tarawih, anane Qiyamu Romadhon, Dadi
Ono wong terawih kok ora 20 rakaat berarti
Yo dudu Tarawih.." jelas Mbah Moen
Sebagaimana maklum, bahwa Pada masa Rasulullah sendiri, ada anjuran untuk melaksanakan shalat Qiyam Ramadan, namun anjuran tersebut hanya bersifat umum, yang mana sifat umum dari hal trsbt membuat respon beragam dari para sahabat, ada yg melaksanakan salat Qiyam Ramadhan di rumah masing² dan ada juga yg melaksanakannya di masjid, ada yg salat sendirian dan ada yg salat berjamaah. Demikian juga Pada masa Abu Bakar yg tidak banyak perubahan berarti
عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ أَنّ رسول اللَّهِ ذَاتَ لَيْلَةٍ فِي الْمَسْجِدِ فَصَلَّى بِصَلَاتِهِ نَاسٌ، ثُمَّ صَلَّى مِنْ الْقَابِلَةِ فَكَثُرَ النَّاسُ، ثُمَّ اجْتمَعُوا مِنْ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ أَوْ الرَّابِعَةِ فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَلَمَّا أَصْبَحَ، قَالَ: رَأَيْتُ الَّذِي صَنَعْتُمْ فَلَمْ يَمْنَعنِي مِنْ الْخُرُوجِ إلَيْكُمْ إلَّا أَنِّي خشِيتُ أَنْ يُفْتَرضَ عَلَيْكم
Selanjutnya pada masa Umar bin Khattab, baru lah banyak terjadi perubahan. Pada zaman itu, sahabat yg salat Qiyam Ramadan di masjid semakin banyak. Ada yang salat sendirian, ada juga yg salat berjemaah. Karena banyaknya jamaah itu, membuat masjid menjadi gaduh, hingga akhirnya Umar bin Khattab berinisiatif untuk mengumpulkan para sahabat dengan satu imam, ditunjuklah Ubay bin Kaab sebagai imam salat Qiyam Ramadan. Kisah ini lah yg terekam dlm hadis riwayat Imam Bukhari yang sudah sangat populer sekali, bahkan Umar menyebut hal ini sebage bid'ah yang paling baik
عن عبدالرحمن بن عبدالْقَارِي قَالَ: خرجت مَعَ عمر بنِ الخطَّاب ليلة في رَمَضَانَ إلى الْمَسْجدِ، فَإِذَا النَّاسُ أَوْزَاعٌ مُتَفَرِّقُونَ يصَلِّي الرَّجُلُ لنَفْسِهِ، وَيصلِّي الرَّجُلُ فَيُصَلِّي بصلَاته الرَّهْطُ، فَقَالَ عُمَرُ: إنِّي أَرَى لَوْ جَمَعْتُ هَؤُلَاءِ عَلَى قارئ وَاحد لكان أَمثلَ، ثم عزم فَجَمَعَهُمْ على أبيِّ بْنِ كَعْبٍ، ثُم خَرَجْت معه لَيْلَة أُخْرَى وَالنَّاسُ يُصَلُّون بِصَلَاة قَارِئِهِمْ، فَقَالَ عُمَرُ: نِعْمَتْ الْبِدْعَةُ هَذِهِ
Jadi menurut Syaikhina Maimun, Solat sunah 20 raka'at itu bisa disebut sebagai sholat sunah Qiyami Ramadhan atau tarawih, sementara solat sunah 8 rakaat tidak bisa disebut sebagai solat tarawih. Beliau menegaskan, bahwa mengikuti Sayidina Umar adalah termasuk bagian dari perintah agama, yang mana menyelesihinya dan menentangnya bisa menyebabkan seseorang terhalang untuk masuk surga, hal ini sebagaimana dijelaskan dlm sebuah riwayat hadis
أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: افترقت اليهود على إحدى وسبعين فرقة، وافترقت النصارى على اثنتين وسبعين فرقة، وستفترق هذه الأمة على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا واحدة، قيل: من هي يا رسول الله؟ قال: من كان على مثل ما أنا عليه وأصحابي
" Anut Sayyidina Umar iku diperintah,
Kowe anut Sayyidina Umar kok ora
pati tenan, ati-ati Kowe nak ora mlebu
suargo.." dawuh Mbah Moen
Apa yang dijelaskan Syaikhina Maimoen tersebut kurang lebih Sama dengan pendapat dari guru beliau sendiri, yakni KH. Abu Fadhol bin Abdus Syakur Senori (Tuban) dalam karyanya yang berjudul "Kasyfut Tabarih fi Bayan Salat Tarawih". Menurut beliau, Orang² yg melaksanakan salat tarawih 8 Rokaat itu sama halnya seseorang yang melawan ijma'. Sementara Orang yg melawan ijma', jika terjadi dalam suatu perbuatan yg sangat diketahui oleh seluruh orang islam, maka ia menjadi kafir, dan apabila tidak demikian, maka ia fasiq (berbuat dosa). Dan hal ini juga sama halnya melawan Khulafa'ur Rasyidin. Dimana siapa saja yang menentang Khulafaur Rasyidin, maka sama halnya ia menentang Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam
وإذا كان الأمر كذلك علمنا أن الذين صلوا التراويح اليوم ثمان ركعات مخالفون للإجماع، ومخالف الإجماع إن كان فی أمر معلوم من الدين بالضرورة فهو كافر، وإلا فهو فاسق، وهم مخالفون أيضا لسنة الخلفاء الراشدين. ومن خالف سنة الخلفاء الراشدين فقد خالف النبي صلی الله عليه وسلم، لأنه قال: فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ الْمَهْدِيِّينَ مِنْ بَعْدِيْ، رواه أبو داود والترمذي
Wallahu Ta'ala a'lam
0 Komentar