- Saya mengambil dawuh nya Imam Sufyan Al Tsauri. yang beliau maksud mungkin Imam Sufyan bin Uyainah.(1)
قال الإمام سفيان:
عند ذكر الصالحين تنزل الرحمة.
Setelah beberapa tahun dawuh ini di kuatkan dengan dawuh Imam Al Ghozali " bukan Rahmatnya yang turun tapi sebab-sebab turunnya Rahmat.(2)
Jadi Ulama' dulu itu saling menguatkan bukan kaya zaman sekarang^_^.
Awalnya rahmat adalah melaksanakan kebajikan dan Awal dari melaksanakan kebajikan adalah mahabbatussolihin(cinta pada orang2 Soleh), jadi kalian gausah susah walaupun bukan nasabnya wali, bukan anaknya kiai disana ada pintu besar di buka oleh Allah SWT yaitu pintu mahabbatussolihin, kalian jangan sampai putus mahabbatussolihin.
- Pada tahun 1800 ada dua Ulama' besar Indonesia yang memberikan orasi ilmiahnya di Al Azhar Mesir, pada saat itu Malaysia, India, Pakistan gapunya tapi Indonesia punya. Pertama adalah beliau Syaikh Nawawi al-Bantani yang kedua adalah beliau KH. Abdul Mannan Dipomenggolo termas(At Turmusy)(3).
Dua kiai ini membuka wawasannya go internasional, pada saat itu negara-negara asia belum punya ulama sekelas itu kecuali beliau berdua.
- Pada tahun 1850 beliau Al Arif Billah KH. Muhammad Kholil bin Abdul Latif (Bangkalan) mondok ke Mekah, dan mondok ke Mekah pada waktu itu beda dengan zaman sekarang ( perahu buat sendiri, bekal bawa sendiri). Setelah lama di Makah dan pulang ke Indonesia beliau ziarah ke Makam Rasulullah Saw di Madinah. Dalam ziarah ini beliau KH. Kholil Bangkalan mendapat satu Amanat untuk menyampaikan salam Rasulullah Saw kepada Mbah Khozin panji buduran.
" Kamu jangan pulang kerumah sebelum bertemu dengan K. Khozin sampaikan salam saya".
Setelah pulang ke Indonesia beliau mencari-cari K. Khozin, setelah lama mencari gak ketemu dengan pertolongan Allah SWT dan Syafaat Rasullullah Saw dari Jauh K. Khozin berkata
"Sampun Kulo tampi Salamnya Rasulullah Saw".
Ini menunjukkan derajat kewalian dari K. Khozin panji karena Gak semua orang mendapatkan salam langsung dari Rasulullah Saw.
° Dua wali yang kebongkar kewaliannya oleh Mbah Hamid Pasuruan °
_______
1. Dulu di Jawa Tengah di kampungnya KH Dimyati Ro'is Kaliwungu Kendal, ada orang yang di anggap orang umum gila, beliau adalah Mbah Tsamud.
Pada saat kiai-kiai sowan ke Mbah Hamid Pasurua
n mendapat pesan " tolong sampaikan salamku ke Tsamud!! ".
Lo yai itu orang gak normal(gila).
" Lo yak opo, seng bentengi Semarang, Kaliwungu lan sekitare Yo wong Iki". Kata Mbah Hamid Pasuruan.
Setelah Mbah Tsamud tau kewaliannya dibongkar oleh Mbah Hamid beliau langsung mengucapkan " Laa ila ha Illa Allah ". Meninggal sekita Mbah Tsamud.
Jadi wali itu gasuka kalo terlihat kewaliannya tidak kaya zaman sekarang malah masuk YouTube (Kata Mbah Ali Masyhuri).
Ini karomah Mbah Hamid bisa tau hal2 yang orang mengatakan itu gila.
2. Dulu dipondok K Kholil bandungsari ada namanya Mbah Syam, Mbah Syam ini sering dimintai nomer2 oleh orang-orang cina.
Dulu Saya(KH Ali Masyhuri) ketika ngaji ke bandungsari yang jemput saya ya Mbah Syam ini pakai Libri( kurang tau apa itu Libri, tapi sepaham kami "peluit"), beliau(Mbah Syam) kalo mandi biasanya di kobokoan kaki masjid sambil menyelam. Beliau sering mengaku sanak dengan saya. " Sampean itu sanakku, sampean itu sanakku".
Pada saat itu Kiai Kholil yang hafal Al-Qur'an santri dari Mbah Arwani Kudus gak percaya kalo Mbah Tsamud itu wali.
Pada saat KH Ali Masyhuri sowan langsung ke Mbah Hamid Pasuruan, beliau bertanya;
" sampean wingi bar koh bandungsari??". Njih yai, jawab KH Ali Masyhuri.
" Nek Kono Ono anak e pamanku, anak.e paman Sidiq".
Jadi Mbah Syam itu Anaknya K Shidiq , K. Shidiq itu paman dari Mbah Hamid. Nah K. Shidiq nasabnya itu asli Tuyuhan yang terkenal enak lontongnya (lontong Tuyuhan).
Pada Akhir hayatnya Mbah Syam dawuh " Puteri Mati Segoro asat".
Setelah istri dari KH Wahid Zuhdi(4) meninggal, santri Bandungsari langsung habis tak tersisa satupun. Makanya di batu nisan ada tulisan "Puteri mati Segoro asat"
Mbah Tsamud dan Mbah Syam kebongkar kewaliannya oleh Mbah Hamid Pasuruan.
_____
•Ijazah dari beliau, membaca solawat Badawi kubro setelah magrib dan subuh dibaca 3X. Kata beliau solawat ini sudah top, hizib2 kalah sama solawat ini.
_______
Catatan kaki.
(1)
•
١٩٢٩ - (قوله ﷺ عند ذكر الصالحين تنزل الرحمة).
قال العراقي: ليس له أصل في الحديث المرفوع وإنما هو قول سفيان بن عيينة كذا رواه ابن الجوزي في مقدمة صفوة الصفوة اهـ.
تخريج أحاديث إحياء علوم الدين ٣/١٢٧٤ — مرتضى الزبيدي (ت ١٢٠٥)
•
حَدِيث «عِنْد ذكر الصَّالِحين تنزل الرَّحْمَة»
لَيْسَ لَهُ أصل فِي الحَدِيث الْمَرْفُوع وَإِنَّمَا هُوَ من قَول سُفْيَان ابْن عُيَيْنَة كَذَا رَوَاهُ ابْن الْجَوْزِيّ فِي مُقَدّمَة صفوة الصفوة.
تخريج أحاديث الإحياء = المغني عن حمل الأسفار ١/٦٩٧ — العراقي (ت ٨٠٦)
•
وسئل عن قول بعض الناس: «عند ذكر الصالحين تنزل الرحمة»، هذا حديث مرفوع أم لا؟
فأجاب: لا استحضره مرفوعًا .
قد سبقه لذلك شيخه الحافظ العراقي ﵀، فقال في تخريج أحاديث الإحياء (١/ ١٤٥ رقم: ٢١٠٩): ليس له أصل في الحديث المرفوع، وإنما هو قول سفيان بن عيينة، كذا ذكره ابن الجوزي في مقدّمة صفوة الصفوة، وانظر المقاصد الحسنة (رقم: ٧٢٠).
مسائل أجاب عنها الحافظ ابن حجر العسقلاني ١/٤١ — ابن حجر العسقلاني (ت ٨٥٢)
(2)
ويكفي في تغيير الطبع مجرد سماع الخير والشر فضلًا عن مشاهدته
وبهذه الدقيقة يعرف سر قوله ﷺ عند ذكر الصالحين تنزل الرحمة.
وإنما الرحمة دخول الجنة ولقاء الله وليس ينزل عند الذكر عين ذلك ولكن سببه وهو انبعاث الرغبة من القلب وحركة الحرص على الإقتداء بهم والاستنكاف عما هو ملابس له من القصور والتقصير
ومبدأ الرحمة فعل الخير ومبدأ فعل الخير الرغبة ومبدأ الرغبة ذكر أحوال الصالحين فهذا معنى نزول الرحمة
والمفهوم من فحوى هذا الكلام عند الفطن كالمفهوم من عكسه وهو أن عند ذكر الفاسقين تنزل اللعنة لأن كثرة ذكرهم تهوّن على الطبع أمر المعاصي واللعنة هي البعد
ومبدأ البعد من الله هو المعاصي والإعراض عن الله بالإقبال على الحظوظ العاجلة والشهوات الحاضرة لا على الوجه المشروع
ومبدأ المعاصي سقوط ثقلها وتفاحشها عن القلب
ومبدأ سقوط الثقل وقوع الأنس بها بكثرة السماع.
إحياء علوم الدين ٢/٢٣١ — أبو حامد الغزالي (ت ٥٠٥)
(3) Dalam kitab Al-Ulama’ Al Mujaddidun karya Kiai Maimoen Zubair Sarang Rembang, Kiai Abdul Manan adalah salah seorang ulama Ahlussunnah yang pertama kali membawa, mengaji dan mempopulerkan kitab Ithaf Sadat Al-Muttaqin, yaitu syarah dari kitab Ihya’ Ulumuddin karya Imam al-Ghazali.
(4) Dulu KH Wahid Zuhdi itu dari langitan, kalo Bahtsul Masa'il suka ngengkel pokoknya gabisa menerima pendapat orang lain, termasuknya beliau sering debat sama saya(KH Ali Masyhuri). Tapi biasanya saya hadapkan dengan yang Alim yakni K. Farihin. K. Farihin itu Singosari, gak mondok tapi sangat alim , kalahnya KH Wahid Zuhdi ya kalo gak sama K. Farihin ya sama K. Arjani, tapi masih Alim K. Farihin.
Wallahu A'lam.
Catatan kecil dari sowan KH. Ali Masyhuri Sidoarjo" pondok pesantren Bumi sholawat".
" Rihlah Muta'alliqin MGS 1446 angkatan LAN NAFTARIQ"
.Sidoarjo. Ahad 24 Sya'ban 1446.
Sarang, Senin 25 Sya'ban 1446 H.
0 Komentar