Ikhtiyarat Imam Nawawi

Fiqih itu tidak dilahirkan berlandaskan kejumudan & fanatisme semata, melainkan fiqh itu berlandaskan dalil yang kuat, ini dapat dibuktikan bahwa ada banyak ulama yang menyelisihi pendapt resmi dari madzhab yang dipeluknya (ikhtiyarat), sebut saja seperti Imam Muzani, Imam Dzahabi, Imam Ghazali, Imam Jalaludin Suyuthi

Begitu juga Imam Nawawi, yang mana menggunakan metode Usul madzhab Syafi'i namun kadang memiliki pendapat & kesimpulan berbeda dengan madzhab yg dianutnya tersebut, berikut diantara pendapatnya:

1. Wudu dengan air Musyammas

يا حميراء لا تفعلي فإنه يورث البرص

Berdasarkan hadis ini, Madzhab Syafi'i menjelaskan, bahwa hukum berwudhu dengan air yang dipanaskan matahari adalah makruh, sementara Imam Nawawi berpendapat, bahwa hukum menggunakan air itu untuk bersuci, makan & minum tidak makruh sebab ia menilai hadis trsbt dhoif

2. Bersiwak dengan jari yg sambung

Menurut madzhab Syafi'i bersiwak menggunakan jari yg masih tersambung itu tidak sah meskipun jari itu kasar, sedangkan Imam Nawawi memilih pendapat, bahwa bersiwak dg jari seperti itu sudah cukup & dianggap sah, sebagemana riwayat hadis

إصبعاك سواك عند وضوئك، تمرهما على أسنانك

3. Menyela-nyelahi jari kaki hanya tertentu dengan kelingking tangan kiri

Imam Nawawi berpendapat, bahwa menyela-nyelahi jari kaki tidak hanya tertentu pada jari kelingking tangan kiri sebagemana pendapat imam Haromain

4. Wudu setelah makan daging unta

Selaras dg madzhab Imam Ahmad, Imam Nawawi berpendapat, bahwa Wajib berwudhu karena mengkonsumsi daging unta

5. Tansyif

Qaul ashoh madzhab Syafi'i menyebutkan, bahwa hukum tansyif (menyerap air ke hidung) itu sunah ditinggalkan & tidak makruh dikerjakan, sementara imam Nawawi memilih pendapat, bahwa tansyif boleh dikerjakan & ditinggalkan 

6. Qodhoil hajat Mnghadap matahari & bulan

Menghadap matahari & bulan Saat qodhoil hajat (kencing/ berak) menurut imam Nawawi tidak makruh, sbb tidak ada larangan untuk itu dimana hukum asalnya adlh boleh

7. Babi

Imam Nawawi berpendapat, bahwa najis babi tidak sama dengan anjing, dimana najisnya cukup dibasuh 1 kali

8. Istmna' dg istri haid 

Menurut imam Nawawi tidak apa² bersenang² dengan bagian tubuh istri antara pusar sampai lutut saat istri haid 

9. Azan fajar

Masuknya Waktu Azan fajar menurut imam Nawawi adalah ketika sahur, bukan separuhnya malam Sebagemana pendapat madzhab Syafi'i 

10. Waktu paling utama salat isya'

Waktu paling utama melakukan salat isya menurut imam Nawawi adlh sepertiga malam Sebagemana dlm riwayat

لولا أن أشق على أمتي لأخرت العشاء إلى ثلث الليل

11. Salat orang yg tak tau dibajunya ada najis

Menurut imam Nawawi Seorang tidak perlu mengulangi salat karena ketidaktahuannya, bahwa dibajunya ada najis, hal ini didasarkan riwayat

فإذا جاء أحدكم المسجد فليقلب نعليه ولينظر فيهما، فإن رأى خبثا فليمسحه بالأرض ثم ليصل فيهما

12. Gerakan banyak saat salat karena lupa

Menurut imam Nawawi, tidak batal salat Seorang yg melakukan banyak gerakan dlm salat karena lupa, sebagemana dlm hadis dzul yadain

13. Muqoronah dlm niat salat

Mazhab Syafi'i menyatakan, Niat harus bersamaan takbir dg konsep muqaranah haqiqiyah, namun Imam Nawawi memilih pendapat sebagaimana Imam Ghazali dimana muqaranah urfiyah (Asal sudah kelihatan bareng antara niat & takbirnya) sudah cukup

14. Memanjangkan i'tidal

Imam Nawawi berpendapat, boleh memanjangkan i'tidal dg membaca zikir selain rukun

15. Meletakkan hidung Saat sujud

Menurut imam Nawawi wajib hukumnya meletakkan hidung Saat sujud sebagemana riwayat perintah meletakkan dahi yang disertai isyarat hidung dari nabi

فالاشارة بالانف تدل على عدم الاكتفاء بالجبهة 

16. Memejamkan mata saat salat

Menurut imam Nawawi memejamkan mata saat salat hukumnya tidak makruh, sebab hadits tentang larangan memejamkan mata tidaklah sohih

17. Qunut witir sepanjang tahun

Qunut witir menurut imam Nawawi disunahkan sepanjang tahun, Tidak hanya tertentu pada separuh akhir bulan Ramadan 

18. Salat Tasbih

Imam Nawawi berpendapat bahwa salat Tasbih seyogyanya tidak dilakukan

19. Jama' salat sebab sakit

Imam Nawawi berpendapat salat jama' boleh dilakukan dg alasan sakit

20. Bacaan Qur'an untuk mayat

jika diniatkan maka menurutnya pahala bacaan Qur'an akan sampai pada mayat, sebagemana dalam QS. Muhammad 

واستغفر لذنبك وللمؤمنين والمؤمنات

21. Bersiwak setelah tergelincirnya matahari 

Imam Nawawi berpendapat Tidak makruh bersiwak disiang hari Ramadan secara mutlak

 22. Bai' Mu'athoh

Jual beli tanpa sigot menurut imam Nawawi adlh sah selama hal itu dianggap dbg sebuah jual beli 

23. Melihat amrad

Menurutnya Haram hukumnya melihat anak kecil yg tampan

24. Pekerjaan paling utama 

Pekerjaan paling utama menurutnya adalah bertani, sebagemana dalm riwayat 

ما من مسلم يغرس غرسا أو يزرعه زرعا فيأكله منه طيرا أو انسان أو بهيمة إلا كان له به صدقة

25. Khamr sebagai obat

Imam Nawawi memilih pendapat, bahwa seorang yg meminum khmr untuk obat tidak dikenai had dg dasar  

ادرؤوا الحدود ما استطعتم

Wallahu a'lam

0 Komentar