Fiqih itu tidak dilahirkan berlandaskan kejumudan & fanatisme semata, melainkan fiqh itu berlandaskan dalil yang kuat, ini dapat dibuktikan bahwa ada banyak ulama yang menyelisihi pendapt resmi dari madzhab yang dipeluknya (ikhtiyarat), sebut saja seperti Imam Muzani, Imam Dzahabi, Imam Ghazali, Imam Jalaludin Suyuthi
Begitu juga Imam Nawawi, yang mana menggunakan metode Usul madzhab Syafi'i namun kadang memiliki pendapat & kesimpulan berbeda dengan madzhab yg dianutnya tersebut, berikut diantara pendapatnya:
1. Wudu dengan air Musyammas
يا حميراء لا تفعلي فإنه يورث البرص
Berdasarkan hadis ini, Madzhab Syafi'i menjelaskan, bahwa hukum berwudhu dengan air yang dipanaskan matahari adalah makruh, sementara Imam Nawawi berpendapat, bahwa hukum menggunakan air itu untuk bersuci, makan & minum tidak makruh sebab ia menilai hadis trsbt dhoif
2. Bersiwak dengan jari yg sambung
Menurut madzhab Syafi'i bersiwak menggunakan jari yg masih tersambung itu tidak sah meskipun jari itu kasar, sedangkan Imam Nawawi memilih pendapat, bahwa bersiwak dg jari seperti itu sudah cukup & dianggap sah, sebagemana riwayat hadis
إصبعاك سواك عند وضوئك، تمرهما على أسنانك
3. Menyela-nyelahi jari kaki hanya tertentu dengan kelingking tangan kiri
Imam Nawawi berpendapat, bahwa menyela-nyelahi jari kaki tidak hanya tertentu pada jari kelingking tangan kiri sebagemana pendapat imam Haromain
4. Wudu setelah makan daging unta
Selaras dg madzhab Imam Ahmad, Imam Nawawi berpendapat, bahwa Wajib berwudhu karena mengkonsumsi daging unta
5. Tansyif
Qaul ashoh madzhab Syafi'i menyebutkan, bahwa hukum tansyif (menyerap air ke hidung) itu sunah ditinggalkan & tidak makruh dikerjakan, sementara imam Nawawi memilih pendapat, bahwa tansyif boleh dikerjakan & ditinggalkan
6. Qodhoil hajat Mnghadap matahari & bulan
Menghadap matahari & bulan Saat qodhoil hajat (kencing/ berak) menurut imam Nawawi tidak makruh, sbb tidak ada larangan untuk itu dimana hukum asalnya adlh boleh
7. Babi
Imam Nawawi berpendapat, bahwa najis babi tidak sama dengan anjing, dimana najisnya cukup dibasuh 1 kali
8. Istmna' dg istri haid
Menurut imam Nawawi tidak apa² bersenang² dengan bagian tubuh istri antara pusar sampai lutut saat istri haid
9. Azan fajar
Masuknya Waktu Azan fajar menurut imam Nawawi adalah ketika sahur, bukan separuhnya malam Sebagemana pendapat madzhab Syafi'i
10. Waktu paling utama salat isya'
Waktu paling utama melakukan salat isya menurut imam Nawawi adlh sepertiga malam Sebagemana dlm riwayat
لولا أن أشق على أمتي لأخرت العشاء إلى ثلث الليل
11. Salat orang yg tak tau dibajunya ada najis
Menurut imam Nawawi Seorang tidak perlu mengulangi salat karena ketidaktahuannya, bahwa dibajunya ada najis, hal ini didasarkan riwayat
فإذا جاء أحدكم المسجد فليقلب نعليه ولينظر فيهما، فإن رأى خبثا فليمسحه بالأرض ثم ليصل فيهما
12. Gerakan banyak saat salat karena lupa
Menurut imam Nawawi, tidak batal salat Seorang yg melakukan banyak gerakan dlm salat karena lupa, sebagemana dlm hadis dzul yadain
13. Muqoronah dlm niat salat
Mazhab Syafi'i menyatakan, Niat harus bersamaan takbir dg konsep muqaranah haqiqiyah, namun Imam Nawawi memilih pendapat sebagaimana Imam Ghazali dimana muqaranah urfiyah (Asal sudah kelihatan bareng antara niat & takbirnya) sudah cukup
14. Memanjangkan i'tidal
Imam Nawawi berpendapat, boleh memanjangkan i'tidal dg membaca zikir selain rukun
15. Meletakkan hidung Saat sujud
Menurut imam Nawawi wajib hukumnya meletakkan hidung Saat sujud sebagemana riwayat perintah meletakkan dahi yang disertai isyarat hidung dari nabi
فالاشارة بالانف تدل على عدم الاكتفاء بالجبهة
16. Memejamkan mata saat salat
Menurut imam Nawawi memejamkan mata saat salat hukumnya tidak makruh, sebab hadits tentang larangan memejamkan mata tidaklah sohih
17. Qunut witir sepanjang tahun
Qunut witir menurut imam Nawawi disunahkan sepanjang tahun, Tidak hanya tertentu pada separuh akhir bulan Ramadan
18. Salat Tasbih
Imam Nawawi berpendapat bahwa salat Tasbih seyogyanya tidak dilakukan
19. Jama' salat sebab sakit
Imam Nawawi berpendapat salat jama' boleh dilakukan dg alasan sakit
20. Bacaan Qur'an untuk mayat
jika diniatkan maka menurutnya pahala bacaan Qur'an akan sampai pada mayat, sebagemana dalam QS. Muhammad
واستغفر لذنبك وللمؤمنين والمؤمنات
21. Bersiwak setelah tergelincirnya matahari
Imam Nawawi berpendapat Tidak makruh bersiwak disiang hari Ramadan secara mutlak
22. Bai' Mu'athoh
Jual beli tanpa sigot menurut imam Nawawi adlh sah selama hal itu dianggap dbg sebuah jual beli
23. Melihat amrad
Menurutnya Haram hukumnya melihat anak kecil yg tampan
24. Pekerjaan paling utama
Pekerjaan paling utama menurutnya adalah bertani, sebagemana dalm riwayat
ما من مسلم يغرس غرسا أو يزرعه زرعا فيأكله منه طيرا أو انسان أو بهيمة إلا كان له به صدقة
25. Khamr sebagai obat
Imam Nawawi memilih pendapat, bahwa seorang yg meminum khmr untuk obat tidak dikenai had dg dasar
ادرؤوا الحدود ما استطعتم
Wallahu a'lam
0 Komentar